Sabtu, 12 Juli 2008

heran...

Alkisah, ada seorang petinggi negara yang sedang tugas untuk meninjau perkembangan suatu pesantren salaf di daerah jawa timur. dengan penuh semangat beliau pun disambut meriah oleh kyai dan para santrinya. pada kesempatan itu, sang pejabat dengan bangga memberi sambutan "santriwan santriwati yang saya banggakan, saya senang dengan prestasi yang kalian raih saat ini, pesantren kalian telah menjadi pesantren teladan di provinsi jawa timur. jujur, saya jadi teringat dengan masa muda saya dulu, ketika saya mencari ilmu di pesantren-pesantren, saya sangat bersemangat sekali. dan barokah dari ilmu saya itulah, sya bisa menjadi petinggi sekarang".

Setelah beliau berceramah, sang kyai pun mempersilahkan pak pejabat untuk menguji kemampuan santri-santrinya, yaitu dengan uji kemampuan qiraatul kutub atau uji membaca kitab kuning. pak pejabat pun semakin kaget dan kikuk dengan permintaan sang kyai. namun demi menjaga gengsi, beliau bersedia, dan akhirnya dengan sopan kyai langsung menyodorkan kitab fathul Qarib yang dalam cetakan asli bukan terjemah.Sang pejabat dipersilahkan membuka salah satu halaman dari kitab itu, kemudian menyuruh seorang santri membacakannya. setelah ditunjuk, maka sang santripun membaca dengan lancar dan tanpa masalah. sang pejabat pun berdecak kagum, langsung saja kyai menanyakan hasil uji tersebut kepada pejabat, "bagaimana pak, apakah jawaban dari santri saya benar?", spontan beliau menangis, kemudian kyai bertanya lagi, "maaf pak, jika memang jawaban santri saya salah, mohon diingatkan!", sekali lagi pak pejabat menangis, "pak, mengingat pengalaman bapak yang bapak ceritakan tadi, keliling pesantren untuk mencari ilmu, maka pantas jika bapak mengetahui kesalahan dari santri saya, mohon dikoreksi pak!". dengan sesenggukan pak Pejabat manjawab. "maaf pak kyai, bukannya saya sedih karena jawaban santri kyai salah, tapi saya cuma heran, kok bisa ya, tulisan yang gak ada harokatnya bisa dibaca????" dan sang kyaipun tersenyum lebar................he..he.he.he.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan KOmentar...biar dapat backlink banyak...hehehe (komentar ngawur gak dipublish lhoo.>!!)