Senin, 12 Januari 2009

Manfaat Membaca Quran


Saudaraku sekalian...alfaqir hanya ingin mengingatkan..pernahkah ketika kita mendapatkan surat atau sms dari seseorang yang kita rindukan kemudian tidak kita baca??? atau bahkan tidak kita hiraukan?? :t aku rasa jawabannya sudah anda ketahui..yaah...setiap kali kita mendapatkan surat dari orang yang kita rindukan, pastilah kita mambacanya..dan bahkan karena saking cintanya kita si pengirim surat itu, kita menyimpan suratnya, kita baca berulang-ulang, bahkan kadang kala sampai hapal dengan isi surat itu...
Ilustrasi di atas, adalah gambaran bagaimana ketika kita mendapatkan surat dari orang yang kita rindukan atau yang kita cintai...pertanyaan ku, bagaimana jika surat itu dikirim oleh SANG PENCIPTA MANUSIA??...Tuhan Yang Maha Cinta...DIA telah mengirimkan "Ungkapan" kasih sayangNya dengan beragam cara, salah satunya ya dengan mengirimkan 114 surat kepada kita....yang terkumpul dalam satu kitab suci...Al-Quran al-Karim..tapi kenapa kadang kita melupakan untuk membacanya??..kita sebagai manusia biasa..hanya bisa sambat..sambat lagi..dan sambat lagi...dengan berbagai alasan..kita tidak membacanya...lupa lah, capek lah...malas lah....yaa...kok tau?? (pengalaman ku sendiri juga gitu seh.. :D)..
ada di antara kita yang tidak mau membaca quran hanya karena tidak memahami maknanya...bahkan ada yang melarang orang lain membaca quran dengan alasan tersebut...astaghfirulloh..mungkin mereka belum menemukan manfaat membaca quran...berikut ada cerita unik yang InsyaaALLOH dapat menggugah hati kita....
***
di sebuah desa, ada seorang kakek yang senang sekali membaca Quran...saking senengnya kakek itu tiap hari mengkhatamkan satu juz ..sehingga dalam waktu satu bulan, kakek khatam membaca al quran 30 juz. sang kakek mempunyai cucu yang umurnya sekitar 15 tahunan...ketika melihat kebiasaan sang kakek, si cucu tertarik..dan mencoba kebiasaan sang kakek...tiap hari dia membaca quran satu juz...setelah 3 bulan ia jalani kebiasaan itu, dia mulai merasa bosan dan malas...kemudian dia menemui sang kakek dan bertanya..."kek, saya heran dengan kakek, tiap hari membaca quran...apa nggak bosan??apa kakek tau maknanya???apa kakek paham artinya semuanya??", "Tidak", jawab sang kakek..."kalau begitu percuma dong saya baca tiap hari..lha wong gak ngerti artinya...", gerutu si cucu..dengan senyum, sang kakek menjawab dengan sebuah permintaan, " nak, kau lihat sebuah gayung tua nan kotor di gudang itu?", "iya, kenapa kek, kan itu sudah tidak digunakan, sudah bocor", jawab si cucu..."benar...kakek boleh minta tolong nak, ambilkan kakek air dengan gayung itu..untuk nyirami bunga kesayangan kakek...mau kan?"...si cucu bingung dengan permintaan sang kakek...namun karena ia ingin mengerti apa maksud sang kakek, ia pun melakukannya...
Sesaat kemudian, sang cucu datang dengan membawa gayung yang basah, namun tanpa terisi air...."lho mana airnya nak?"..."maaf kek, kan gayung ini bocor..tentu saja ketika sampai di sini sudah habis lagi airnya.. :( "...dengan senyum sang kakek berkata, "ambilkan lagi nak..kakek belum menyiram bunga kesayangan kakek, mungkin larinya kamu kurang cepat tadi...he"..."baik...aku coba lagi ya kek"...sesaat kemudian sang cucu berlari untuk mengambil air...namun tetap saja ketika sampai di tempat kakek, air tersebut sudah habis...dengan jengkel, sang cucu berkata pada sang kakek, "percuma kek..percuma...toh pasti sampai sini airnya sudah habis.."...dengan senyum..sang kakek menjawab "mengapa kamu berpikir ini percuma nak?"..."coba perhatikan...apa yang terjadi dengan gayung usang itu...yang sangat kotor tadinya..!"..sang cucu pun memperhatikan gayung usang itu dengan seksama...gayung kelihatan berbeda dengan sebelumnya...sangat bersih...luar dan dalam...
"cucuku sayang....apa yang terjadi ketika kamu membaca quran?boleh jadi kamu tidak memahaminya, namun secara tanpa kamu sadari, KAMU AKAN BERUBAH LUAR DAN DALAM...SEPERTI GAYUNG TERSEBUT...INGATLAH ITU..!!"..dan sang cucupun tersenyum simpul :$
***
okay..sekian dulu ceritanya....maaf, bukannya alfaqir menggurui lho ya..cuma saling mengingatkan...dari cerita tersebut, pasti kita mendapatkan pelajaran yang berharga...bagi pembaca sekalian..silakan berkomentar kalo ada uneg2...dan kuharap tanpa ada kata caci maki kepada siapapun ya..okeey ;)

13 komentar:

  1. hanifa muthmaina13 Januari 2009 00.26

    *TERSINDIR AQ*
    thanks bro post nya...
    smg aq bs spt yg nulis postingan ini ,amin

    BalasHapus
  2. hemmm...pengen kayak kang supris, ahli baca al-qur'an ama baca kitab..ajarin ya

    BalasHapus
  3. @enhal..: hayyah...gak kebalik kang??aku bisanya baca kitab gondrong kok..he.he.heh.

    BalasHapus
  4. hmmm sebuah senandung dzikir yang benar membuatku berfikir betapa aku sangat kikir.

    astaghfirullahah...

    Ampunilah aku Ya Allah Ya Kabiir

    BalasHapus
  5. Langkah selanjutnya setelah membaca adalah memahami, dan mengamalkannya dalam kehidupan, dan ini yang sulit...tapi mungkin.S7?

    BalasHapus
  6. numpang belajar ngaji disini.....sama ustad supris dan enhal.....

    BalasHapus
  7. aku pengen kayakl kang supris ....yang sabar dan tenang setenang blognya

    BalasHapus
  8. @masade:makasih tambahanya kang...
    @anna: aku bukan ustadz neng....masih belajaran kok...
    @harry: hayyah...sabar apanya????masih belajar sabar kok..

    BalasHapus
  9. waduh... artikelnya mengingatkan aku jarang baca Al Quran hiks...

    BalasHapus
  10. Kang, aku sih g ahli2 amat baca Al-quran bahkan bisa dikatakan katrok kalau suruh baca Al-quran apalagi disuruh langsung artikan wah bisa-bisa bibirku langsung membisu seribu bahasa. Hiii

    Tapi alhamdullilah dengan adanya Al-quran yang sudah dilengkapi dengan Cara Membaca, Arti dengan Bahasa Indonesia sekaligus tafsirnya dalam satu buku akhirnya orang-orang seperti aku ini menjadi lebih mencintai Al-quran dan mengamalkannya dalam kehidupan.

    Alhamdullilah. Amin.

    BalasHapus
  11. Subahanalloh kang makasih yah udah ngingetin aku tentang Al qur'an.

    BalasHapus
  12. @dwina:sama-sama neng..semoga bermanfaat ;)

    BalasHapus
  13. semoga artikel ini menjadi cerminan para pembaca,,dan mereka mempunyai keinginan untuk selalu membaca alqu'an walaupun mereka tanpa mengerti artinya

    BalasHapus

Silahkan KOmentar...biar dapat backlink banyak...hehehe (komentar ngawur gak dipublish lhoo.>!!)