Minggu, 22 Februari 2009

Install Ubuntu 7.10 Gutsy Gibbon Dari USB FLASH

maaf, bukannya saya ahli linux atau master linux lho ya...tujuan kang supris posting ini adalah karena ingin mengikat ilmu biar gak ilang...kemaren-kemaren kang supris sibuk ngurusi linux...sampe-sampe saya pegel linux...wekekekek... :r tapi alhamdulillah... :y berhasil juga...walaupun dengan susah payah :f
pertama saya jatuh cinta dengan linux adalah dengan ubuntu..kenapa?karena kang supris dapat cd gratisan dari ubuntu.com ...jadinya eman-eman kalo gak di gunakan..nah, cd tersebut merupakan livecd, sehingga kita bisa boot dari CD tanpa harddisk..namun dengan kemajuan jaman, ternyata bisa juga lho kita booting dari USB...(dasar gaptek :D )..kali ini yang jadi bahan percobaan saya adalah ubuntu Gutsy Gibbon, untuk versi terbaru, Hardy Heron dan Intrepid Ibex, insyaaALLOH sama juga..hehee... untuk caranya...berikut saya tampilkan....(bisa melalui linux langsung atau melalui windows lho.....wuenak to...)

Bagi yang ingin menginstall Ubuntu 7.10 tanpa CDROM bisa menggunakan USB FLASH sebagai alternatif, syaratnya PC harus support booting dari USB Port dan USB flash dengan kapasitas minimal 1 GB.

Untuk membuat USB bisa sebagai bootable di perlukan syslinux atau software pembuat bootable lainnya, saya menggunakan syslinux untuk membuat USB bootable karena aplikasinya sudah ada direpository Ubuntu.

Untuk install applikasi syslinux di Ubuntu bisa langsung dilakukan dari terminal console :

$ sudo apt-get install syslinux mtools

Setelah proses installasi selesai kemudian mount USB, Biasanya partisi USB ada pada /dev/sdb atau /dev/sdb1, dan di mounting di dalam folder media dengan nama folder usb atau nama label USB tersebut, untuk melihat partisi harddisk dan USB bisa dengan cara:

$ sudo fdisk -l

untuk membuat USB Flsh bisa sebagai bootable dengan syslinux cukup mengetikan perintah ini pada terminal console

$ sudo syslinux -s /dev/sdb1

selanjutnya copy semua file yang ada di Live CD Ubuntu 7.10 “Gutsy Ribbon” ke dalam USB

$ sudo cp -rp /media/cdrom/* /dev/sdb1

Setelah proses copy file selesai, ubah nama folder isolinux menjadi syslinux, didalam folder syslinux ganti nama file isolinux.bin dan isolinux.cfg menjadi syslinux.bin dan syslinux.cfg

Bila di Windows download file syslinux dari http://freshmeat.net/redir/syslinux/10177/url_zip/syslinux-3.51.zip

Kemudian extrak ke dalam direktori C dengan nama syslinux. Pada command promt windows masuk ke direktory c\:syslinux\win32, gunakan perintah berikut untuk membuat usb bisa sebagai bootable disk : syslinux -s F: ( asumsi usb drive di F ), kemudian copy semua file di Ubuntu 7.10 Live CD ke dalam USB, sebaiknya gunakan command :

xcopy /e /h /k d:\*.* f: (D sebagai CDROM)

Selanjutnya USB FLASH sudah bisa di gunakan sebagai penganti Ubuntu 7.10 Gutsy Ribbon Live CD.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan KOmentar...biar dapat backlink banyak...hehehe (komentar ngawur gak dipublish lhoo.>!!)