Selasa, 28 Juli 2009

Chrome OS, LInux OS baru dari google

pengen ngerti tentang Chrome OS, LInux OS baru dari google???hmm....menurut informasi dari situs "laptop guide", Setelah merilis Android, sistem operasi (OS) bersifat open source yang dikembangkan khusus untuk mobile device, Google menyatakan bahwa mereka akan mengembangkan dan akan merilis Chrome, browser mereka yang baru saja rilis sembilan bulan yang lalu untuk dijadikan sistem operasiyang bersifat open source.

Larry Page, salah satu pendiri Google mengatakan dalam sebuah wawancara belum lama ini bahwa sistem operasi buatan Microsoft yaitu Windows akan menjadi sistem operasi kuno. Hal ini dikatakan karena ia memprediksi akan semakin banyak orang yang menghabiskan waktunya di depan komputer untuk berselancar di internet dengan menggunakan web browser.


Page juga menambahkan, pengguna komputer kemungkinan hanya butuh bisa bekerja di internet dan tidak membutuhkan spesifikasi komputer dengan segala fiturnya.
Alasan itu yang menjadikan Google ingin mengembangkan Chrome sebagai sebuah sistem operasi yang dapat bekerja secara maksimal di internet. Hal ini dikarenakan Chrome memang awalnya adalah sebuah browser dan akan dikembangkan oleh Google untuk menyediakan layanan online secepat mungkin, semudah mungkin, dan aman.

Pada awalnya, Google berencana akan menjadikan Chrome OS sebagai sistem operasi utama bagi netbook, dan tidak tertutup kemungkinan akan diperluas menjadi sistem operasi utama untuk berbagai jenis komputer lainnya.

Netbook yang direncanakan oleh Google untuk plotted sebagai tahap awal merupakan jenis perangkat komputer yang sedang meningkat, baik itu dalam segi penjualan maupun penggunaannya, dan diperkirakan oleh para pengamat akan meningkat penjualannya di tahun-tahun yang akan datang. Selain itu, perangkat komputer ini banyak digunakan oleh penggunanya hanya untuk surfing internet.

Chrome OS menurut Google akan dibangun dengan menggunakan kernel Linux sebagai kernel utamanya yang memang bersifat open source, sehingga akan memudahkan mengembangkan Chrome OS ke level berikutnya. Karena seperti diketahui, Linux merupakan platform bersifat open source yang banyak didukung oleh berbagai pengembang di seluruh dunia.

Google dalam blog resminya mengatakan bahwa setelah mereka mengumumkan secara resmi akan mengembangkan Chrome OS kepada publik pada pertengahan tahun depan, mereka akan mencari dan bekerjasama dengan berbagai pengembang dari berbagai negara, antara lain Amerika Serikat, Kanada, Jepang, Rusia, dan Denmark.

Dengan kehadiran Chrome OS ini diharapkan akan semakin meramaikan persaingan sistem operasi dan pada akhirnya akan menguntungkan bagi pengguna komputer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan KOmentar...biar dapat backlink banyak...hehehe (komentar ngawur gak dipublish lhoo.>!!)