Minggu, 11 Oktober 2009

Biografi Imam Quran, Ibnu katsir


Posting ini merupaka janji kang supris yang telah lama belum terlunasi, bisa anda cek di Biografi imam Quran ini. posting yang memberikan informasi singkat biografi imam qiraah sab'ah, yang sangat masyhur, yaitu Ibnu katsir. berikut adalah profil beliau secara singkat:
Nama lengkapnya adalah Abdullah bin Katsir.Ia lahir dan wafat di kota Mekkah. Lahir pada tahun 45 H dan wafat pada tahun 120 H sebagai imam Qiraat di Mekkah, Ibnu katsier terkenal dengan lidahnya yang fasih dan menguasai bahasa Arab dengan baik.

ia sempat menemui beberapa orang sahabat, diantaranya Abdullah bin ZUbair, Abu Ayyub Al-Anshariy dan Anas bin Malik. Adapun sanad bacaannya adalah dari sahabat Ubay Bin Kaab dan Umar bin Khaththab dan kedua sahabat tersebut membaca dari Rosululloh saw.

Dua orang perawinya antara lain adalah:
a. Bazzy: nama lengkapnya adalah AHmad nin Muhammad bin ABdullah bil Al-Qasim. Ia lahir pda tahun 170H. Sedang wafatnya pada tahun 250 H di kota mekkah. Seperti halnya gurunya, Bazzi terkenal sebagai guru (ahli) Qiraat di kota mekkah, disamping itu juga terkenal sebagai muadzin Masjidil Haram
b. Qunbul: Qunbul adalah nama julukan, nama lengkap beliau adalah Muhammad bin Abdurrahman bin Muhammad Al makhzumi, lahir pada tahun 195 H di Mekkah, ia juga terkenal sebagai guru qiraat di Hijaz dan banyak orang datang dari banyak daerah yang jauh untuk belajar Qiraat padanya. (sumber :ilmu tajwid plus-M.wahyudi)

Nah, sekian dulu informasinya, untuk imam qiraat selanjutnya, insyaaALLOH akan saya posting setelah saya gak sibuk...heeeheh



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan KOmentar...biar dapat backlink banyak...hehehe (komentar ngawur gak dipublish lhoo.>!!)