Jumat, 15 Januari 2010

Biografi Ibnu Amir (imam Qiraat)

    Nama lengkapnya adalah Abdullah bin AMir Al-Yahsabi. Lahir pada tahun 28 H dan wafat pada tahun 118 H di Damaskus. Selama hidupnya, selain terkenal sebagai seorang Muqri', juga serorang ulama yang disegani. Pada masa pemerintahan kholifah Umar bin Abdul Aziz, Ibnu Amir bertindak sebagai guru besar di masjid Al-Umawiy yang terkenal.
    Sebagai seorang tabiin, sanad bacaan Imam Ibnu Amir hanya berselang dengan seorang sahabat dari Rasulullah saw yaitu membaca dari Utsman bin Affan dan Utsman menerima bacaan dari Rasulullah saw, dua orang perawinya adalah:
a.Hisyam
    Nama lengkapnya adalah Hisyam bin Amir Ad-Dimasyqi, Hisyam dilahirkan pada tahun 153 H dan wafat di kota Damaskus pada tahun 245 H. Hisyam selain dikenal sebagai qori' yang masyhur juga terkenal ahli pidato,menguasai hadits juga sebagai mufti.
b. Ibnu Dzakwan   
    Nama lengkapnya adalah Abu Amr ABdullah bin Ahmad bin Basyir bin Dzakwan lahir pada tahun 173 H dan wafatnya pada tahun  242 H di Syam. Semasa hidupnya ia terkenal sebagai qori' yang sangat terkenal. ABu Zahrah seorang hafidzh Damaskus pernah berkata bahwa tidak terdapat di Iraq atau di Hijaz atau di Syam atau Mesir atau Khurasan, seorang qari' yang melebihi Ibnu Dzakwan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan KOmentar...biar dapat backlink banyak...hehehe (komentar ngawur gak dipublish lhoo.>!!)