Jumat, 15 Januari 2010

Biografi Imam Hamzah (qiraat sab'ah)

Biografi singkat Imam Qiraat (Imam Hamzah)
Nama lengkapnya Abu Ummah Hamzah bin Hubaib az-Ziyat Rabi' at-Taimy. Ia lahir di kota Kuufah pada tahun 80 H juga wafat di kota Kuufah pada tahun 156 H. Semasa hidupnya Imam Hamzah ini terkenal sebagai seorang imam Qiraat di kota Kuufah. Selain itu ia juga dikenal sebagai orang yang menguasai bahasa Arab, ilmu Fara'id dan Hadits. Demikian pula ia dikenal sebagai seorang yang waro'. Imam Abu Hanifah pernah mengatakan tentang Imam Hamzah ini bahwa ada dua hal yang tidak dapat dibantah dari Imam Hamzah, Al-Quran dan Fara'id. Hamzah sendiri pernah mengatakan bahwa ia tidak membaca satu huruf pada Alquran kecuali ada atsarnya.
Sanad yag dimiliki Imam Hamzah adalah sebagai berikut, ia menerima Qiraat dari Abu Muhammad bin SUlaiman bun Marhan Al-A'masiy. Al-A'masiy membawa dari abu Muhammad Yahya Al-Asadiy,Yahya menerima dariAl-Qomah bin Qois dan Al-Qomah belajar dati sahabat Abdullah bin Mas'ud kemudian Ibnu Mas'ud ini menerima dari Rasulullah saw, dua perawinya antara lain:
a. Kholaf
Nama lengkapnya adalah ABu Muhammad Kholaf bin Hisyam Al-Bazzaz lahir pada tahun 150 H dan wafat di Baghdad tahun 229H. Pada umur 10 tahun ia telah hafal AlQuran dan mulai belajar ilmu yang lain pada usia 13 tahun
b. Kholad
Nama lengkapnya adalah Abu Isa Khollad bin Kholid as-Sayrafi. Ia dilahirkan di kota Kuufah demikian pula wafatnya pada tahun 220 H semasa hidupnya terkenal sebagai imam qiraat yang baik dan arif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan KOmentar...biar dapat backlink banyak...hehehe (komentar ngawur gak dipublish lhoo.>!!)